Kamis, 27 Oktober 2016

Menulis Diawali Kalimat Pada Suatu Hari

dok.pri
Seorang siswa bertanya pada saya tentang menulis di blog,”Bu, bagaimana cara menulis yang tidak diawali dengan kata-kata pada suatu hari.” Saya membesarkan hatinya dengan menjawab,”Menulislah dengan bahasamu. Kalau memang yang ada di benakmu kata-kata pada suatu hari, ya tulis saja. Lalu postinglah tulisanmu. Ingat, tidak usah panjang-panjang. Cukup 1-2 alenia saja. Tambahkan foto biar tambah manis.
Dua hari sekali blognya di update. Isilah blog dengan kabar/berita atau tulisan yang baik. Nikmati prosesnya. Tidak langsung jadi baik. Kalau tak punya foto yang lain, maka pasang saja foto yang pernah kita upload. Tidak menjadi masalah meskipun bukan foto terbaru.
Pada tulisan ketiga, keempat, kelima dan seterusnya pasti kita tidak lagi menulis kata-kata pada suatu hari pada awal kalimat. Memang semua butuh proses, tidak sekali buat langsung baik. Kalau mau membaca blog saya, bisa dilihat ada ratusan judul. Dan tulisannya tidak berat.
Apakah tulisan saya langsung bagus? Tentu saja tidak. Saya menulis sejak kelas 2 SMA, tahun 1988/1989. Sudah lama lo. Untuk tulisan yang sekarang, semua tetap diedit sebelum diposting. Baik di blog maupun facebook.
Jangan pernah melihat saya, hanya saat menerima honor atau dapat kiriman paket hadiah lomba. Lihatlah proses saya menulis. Menulis yang bolak-balik ditolak media tapi tetap saja nulis tidak putus asa.
Silakan, pada saat pelajaran multimedia, menulislah 1 alenia tentang suatu kejadian/peristiwa atau pengalaman bepergian. Nah, dua minggu yang lalu kalian kan pergi ke Umbul Ponggok, tulislah. Asyik lo nulis tentang perjalanan wisata. Ingat, kalau akan diawali dengan kata-kata pada suatu hari boleh-boleh saja. Tapi postingan berikutnya jangan ya….Selamat mencoba.”
Itulah penggalan bincang-bincang saya dengan siswa beberapa menit sebelum memulai pelajaran. Itu saja penggalannya, nah kalau utuhnya, bisa sampai ke mana-mana. Ternyata membahas menulis saja asyik dan bisa lupa waktu.
Akhirnya, saya mengajak mereka untuk membuka buku Kimia. Materinya masih tentang larutan.

Karanganyar, 27 Oktober 2016 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar